Jokowi Janji Turunkan Harga Beras Rp 500 Per Kg


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelontorkan 300. 000 ton beras di pergudangan Sunter Bulog Divre DKI Jakarta dalam operasi pasar. Langkah ini diakui bisa turunkan harga beras meraih Rp 300 hingga Rp 500 per kg (Kg). 

Menurut Jokowi, sesungguhnya harga beras dalam dua hari paling akhir sudah alami penurunan sampai Rp 200 per Kg. Tetapi, jumlah itu di rasa belum membuat pemerintah senang. 

 " Targetnya ada Rp 300 hingga Rp 500 per Kg agar harga dapat turun kembali, walau saya saksikan dua hari ini telah ada yang turun 100 ada yang 200 rupiah. Juga mulai turun, " kata Jokowi selesai peluncuran operasi pasar di Bulog, Sunter, Jakarta Utara, Jumat (2/10). 

Jokowi menjelaskan, dalam survey Tubuh Pusat Statistik (BPS) mencatat Nilai Ganti Petani (NTP) naik 1, 04 %, hingga itu juga turut menolong petani. Sayangnya, harga beras kwalitas medium ikut naik sebesar 2, 27 % atau jadi Rp 8. 939 per Kg. 

Dari data itu, Jokowi berjanji kerjakan stabilisasi harga beras dengan melakukan operasi pasar. " Nah, tersebut saat ini yang mau kita kerjakan stabilisasi, saat pagi hari ini dengan operasi pasar. Agar kenaikan itu tidak selalu, serta dapat dikendalikan pada harga-harga yang wajar, yang terjangkau, " katanya. 

Diluar itu, Jokowi mau tunjukkan apabila stock beras nasional di Tanah Air dalam keadaan aman. Tidak cuma di Jakarta, gudang bulog di wilayah lain juga akan di buka serta diharapkan bisa beli seluruhnya beras dari beberapa petani. 

 " Ini kita masih tetap melakukan penyerapan lagi dari petani, pedagang yang ada di beberapa daerah yang sekarang ini masih tetap ada panen, seperti di Karawang, Jateng ada, Jawa timur ada, ini yang selalu kita serap, diserap bulog. Kita harapkan stock bulog masih tetap ada tambahan sedikit lagi, " tutup Jokowi.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar