Hendak ke Jerman, Habibie Mohon Pamit pada Jokowi


Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjamu Presiden ke-5 RI Baharuddin Juiceuf Habibie dalam acara makan siang berbarengan di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. 

Habibie menyampaikan, terkecuali menyantap makan siang berbarengan, dianya juga memohon pamit pada Jokowi untuk pergi ke Jerman untuk saat yang belum ditetapkan. 

 " Saya doakan agar seluruhnya lancar jalan baik lantaran saya mesti ke Eropa ke Franfrut Bookfair, lantas ke Berlin. Di Book Fair, saya bicara tentang Islam yang moderen. Saya bakal bicara tentang integrasi pendatang-pendatang dari Timur Tengah, " tutur Habibie selesai jamuan makan siang berbarengan Jokowi, Selasa (13/10/2015). 

Buku tentang Islam moderen yang bakal ia bedah adalah karangan dari tokoh Katolik serta budayawan Indonesia berdarah Jerman, Frans Magnis Suseno. 

 " Ini saya bedah yang telah ditranslate ke bhs Jerman ada 300 halaman. Yang saya tidak kira dalam buku Romo (Frans Magnis) dia catat dengan angka-angka yang pasti, " kata dia. 

Sakit 

Terkecuali menghadiri Frankfrut Book Fair, kunjungannya ke Jerman juga untuk melakukan penyembuhan di salah satu rumah sakit di Jerman. Habibie mengakui dianya sering alami sakit dibagian lutut, hingga perlu lakukan penyembuhan di Jerman. 

 " Saya ingin berikan saya ingin ke situ sekalian sembari menyelam minum air. Pak Habibie sehat, namun sehat orang-tua lututnya sakit. Maka dari itu ini gunakan untuk berobat, " ucap dia sembari tertawa. 

Ia mengakui baru pulang ke Indonesia pada akhir Desember 2015. Lantaran bakal meninggalkan Indonesia kurun waktu yang cukup lama tersebut Habibie pamit pada Jokowi. 

‎ " Jadi bahwa saya saat sebelum tinggalkan Tanah Air sudah mengemukakan pada anak intelektual Pak Habibie, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, bahwa saya permisi ya, " papar doa. 

‎ " Jadi (Presiden Jokowi) jagalah kandang serta kalian bantu seluruhnya. Ini mesti baik, supaya kita maju selalu, " pungkas Habibie. (Ndy/Ado)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Mungkin salah ketik, pak Habibie adalah Presiden RI ke 3 bukan ke 5 seperti tertulis dibagian awal berita

    BalasHapus