Ini Penampakan Bunga Anggrek Iriana-Jokowi dari Singapura


BOGOR - Juga sebagai sinyal kehormatan, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) berbarengan isteri, Iriana Jokowi di beri bunga anggrek waktu bertandang ke Singapore Botanic Garden, pada Akhir Juli Lantas. Anggrek berjenis dendrobium hibrida itu dinamakan Dendrobium Iriana-Jokowi. 

Anggrek itu diserahkan pada pihak konservasi tanaman anggrek di Kebun Raya Bogor (KRB), pada 31 Juli dari pihak Kepresidenan RI. 

Pengawas Koleksi Anggrek Orchidarium serta Labolatorium Kultur Jaringan Taman Anggrek KRB, Eka Martha Della Rahayu menyampaikan, saat ini anggrek Iriana-Jokowi masih tetap dirawat dengan cara intensif ditempat konservasi Taman Anggrek KRB. 

Waktu tiba ditempat konservasi, anggrek itu dalam keadaan tak ada didalam pot serta telah teserang penyakit jamur. 

 " Anggrek Dendrobium Iriana-Jokowi ini kita masukkan ke pot lantas kita beri pupuk atonik untuk anti stres. Lantas daunnya juga ada serangan jamur, lalu kita beri fungisida untuk hentikan perkembangan jamur supaya tak merambat ke daun lain, " kata Eka pada wartawan, Minggu (9/8/2015). 

Ia menjelaskan, anggrek Iriana-Jokowi ini berjenis endrobium hibrida serta adalah hasil 12 kali persilangan dari type anggrek dalam negeri, luar negeri serta hibrida. Persilangan paling dekatnya, yaitu persilangan pada Dendrobium Christabella dengan Dendrobium Haldis Morterud. 

Tetapi, nyaris 50 % karakter anggrek itu serupa dengan anggrek asal dalam negeri, yaitu dari Papua. Karena, sebagian persilangan pada awal mulanya datang dari anggrek dalam negeri. 

 " Ciri khas dari anggrek ini yaitu petalnya yang berupa keriting serta lidahnya berwarna ungu. Ciri ini di turunkan dari anggrek induknya yang datang dari dalam negeri, " papar Eka. 

Eka menyampaikan, anggrek type Dendrobium Iriana-Jokowi ini baru pertama kalinya ada di Taman Anggrek KRB. Karenanya, ia serta petugas konservasi yang lain sangatlah berkonsentrasi untuk menjaga anggrek itu supaya tak mati. 

 " Saat ini kita masih tetap konsentrasi pada perawatannya dahulu, kelak apabila kondisinya telah bagus kita bakal upayakan kerjakan perbanyakan, " katanya. 

Saat ini, anggrek Iriana-Jokowi masih tetap ada didalam tempat konservasi tanaman anggrek serta belum bisa dipertunjukkan pada pengunjung, lantaran masih juga dalam perawatan yang intensif. (awl) 

 (sus)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar