Cuma seukuran semut, Singapura jadi negara ekonomi terdepan dunia


Singapura saat ini berdiri gagah juga sebagai salah satu negara dengan perekonomian paling maju di muka bumi, populer bersih serta mempunyai lingkungan paling hijau. Negara itu dapat bercahaya serta jadi pasar yang terbuka lebar di dalam lokasi yang masih tetap dibebani korupsi serta birokrasi yang berbelit-belit. 

Hal semacam ini bisa diraih cuma kurun waktu 50 th.. Saat yang cukup singkat untuk bangun suatu negara. 

Luas lokasi Singapura terbilang sangat kecil, yaitu 589 km. persegi sungguh berbanding jauh dengan Indonesia yang meraih 1. 990. 250 km. persegi. Terlebih ditambah dengan tidak ada sumber daya alam yang bisa digunakan disana, tentu bikin Singapura tidak dilirik saat baru berdiri pada 1965. 

Kesuksesan Singapura tidak terlepas dari campur tangan perdana menteri pertama mereka, Lee Kuan Yew. Terlepas dari Malaysia pada 1965, Singapura yang tidak mempunyai apa-apa rawan dengan pertikaian antar etnis yang menempati lokasi itu, China-Melayu-India. 

Ketiga etnis ini memperebutkan kekuasaan atas lokasi melalui politik. Tetapi, dengan wawasan yang luas, Lee Kuan Yew coba hentikan pertikaian antar suku ini. 

Lee menanamkan ideologi kesejahteraan rakyat saat dia memimpin negara dengan simbol singa itu. Ia lihat bila warga negara tercukupi keperluan pokoknya, jadi mereka bakal konsentrasi bekerja. 

 " Ketika itu, konsentrasi paling utama pemerintah yaitu bagaimanakah mencari nafkah untuk menghidupi beberapa warga Singapura. Lantas kami lakukan investasi di beberapa bagian, " tutur Lee, seperti diambil dari Channel News Asia. 

Suatu terobosan hebat yang dikerjakan Lee pada saat kepemimpinannya yaitu memberi jaminan rumah untuk tiap-tiap warga Singapura. Hal semacam ini dia kerjakan hanya untuk menyejahterakan orang-orangnya. 

Hal ke-2 yang bikin perekonomian Singapura selalu berkembang cepat yaitu dengan tak ada korupsi. Dari mulai pemerintahan Lee Kuan Yew sampai Lee Hsien Loong saat ini, beberapa koruptor yang ketahuan mengambil duit negara selekasnya ditindak tegas. 

Lee Kuan Yew sendiri menyingkirkan hasrat korupsi beberapa petinggi dengan meninggikan bayaran mereka. Hal semacam ini dibuktikan dengan upah Presiden Singapura lebih tinggi di banding upah presiden di negara lain. 

Dia juga membuat lingkungan yang bikin warganya berkreasi hingga mempunyai usaha sendiri. Hal semacam ini ditujukan supaya sumber daya manusia yang mereka mempunyai bisa makin memajukan negaranya. 

Tidak ada pengecualian, Lee betul-betul membesut beragam bidang yang bisa tingkatkan perkembangan ekonomi bangsa serta negaranya. Tampak dari bagaimanakah Lee tingkatkan bidang infrastruktur namun juga meningkatkan sumber daya manusianya juga sebagai penggerak paling utama perkembangan ekonomi Singapura. 

Ketiga adalah investor asing. Lee dapat menarik investor asing untuk menginvestasikan saham mereka di negara itu. 

Dapat dibuktikan dengan adanya banyak investor asing di beberapa bagian seperti Google, Microsoft, serta Kellogg's bangun kantor mereka disana. Singapura bahkan juga menaklukkan Tokyo untuk utusan investor asing. 

Dibawah kepemimpinan Lee, banyak negara lihat bagaimaba Singapura alami keajaiban di bagian ekonomi. Berhasil besar yang diraih Singapura terang dipicu oleh sumber daya manusia disana. 

Saat ini Singapura ada di urutan ke-2 sesudah Jepang dalam membuahkan pendapatan per kapita mereka, sejumlah 2. 267 dolar Singapura. Jumlah ini menaklukkan China. 

Singapura saat ini dapat menyejajarkan dianya dengan negara-negara maju yang lain seperti Jepang serta Amerika. Beberapa penduduknya umumnya adalah produsen. 

Perihal ini pula yang membedakan dengan Indonesia, di mana jumlah entrepreneur cuma seputar 1, 6 % dari jumlah penduduknya.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar