6 hal ini paling khas dari Singapura, jarang ada di negara lain


Walau cuma seluas Jakarta, Singapura yaitu negara hasil percampuran sebagian budaya yang mewakili etnis dari penduduknya, diantaranya Tionghoa, India (Tamil), serta Melayu. 

Mengingat statusnya juga sebagai percampuran beragam budaya, ada banyak rutinitas yang jadikan Singapura unik serta mempunyai banyak hal yg tidak ada di negara lain, termasuk juga Indonesia. 

Bila bertandang ke Singapura, beberapa hal itu banyak didapati di nyaris seluruhnya pojok negara yang juga dijuluki " titik kecil merah (Little Red Dot) " ini. Tersebut rangkumannya oleh merdeka. com : 

1. Singlish 


Singlish yaitu hal yang paling unik yang populer dari Singapura. Singlish atau Singapore-English yaitu langkah orang Singapura memakai bhs Inggris dengan sebagian kombinasi bhs Hokkien serta Malaysia. Tata bhs Singlish, walau bhs Inggris, tak sesuai sama tata bhs bahasa Inggris asli. 

Terkecuali memberikan akhiran seperti " lah ", " leh ", " lor " serta akhiran lain dalam kalimat juga ada banyak arti Hokkien yang masih tetap digunakan untuk menukar sebagian kata seperti " tapau " yang bermakna " makanan dibungkus/dibawa pulang ". 

2. Antre, antre, antre untuk semua hal 


Budaya antre memanglah bagus, dan dipraktikan hampir seluruhnya negar amaju. Tetapi, orang Singapura sangatlah suka antre. Mereka umumnya beranggapan bahwa suatu toko atau restoran yang memiliki antrean yang panjang yaitu hal yang pantas untuk ditunggu. Mereka dapat mengantre sebagian jam cuma untuk hal yang mereka kehendaki. 

Rutinitas antre ini telah jadi hal yang umum hingga bahkan juga kerap jadi bahan candaan di Singapura. Restoran atau makanan yaitu hal yang seringkali memiliki antrean yang sangatlah panjang. 

3. Menandai tempat dengan tisu 


Bila Anda tengah berkunjung ke restoran serta temukan meja yang ada tisu di atasnya, baiknya Anda janganlah duduk di situ. Pasalnya, seorang dengan berniat meninggalkan tisu serta punya maksud untuk menandai tempat itu juga sebagai tempat duduknya. 

Memanglah rutinitas ini agak unik, namun umum dikerjakan di Singapura. 

Apa lagi tiga hal paling unik dari Singapura? Klik setelah itu.... 

Tersebut ini dapat termasuk juga fenomena unik yang tidak sering ada di negara lain. 

4. Hawker, jalan keluar jajan hemat di Singapura


Hawker atau sejenis foodcourt yaitu tempat yang umum didapati di Singapura. Hawker yaitu tempat dimana pedagang makanan setara kaki lima menjual makanannya. Umumnya berupa bangunan terbuka dengan atap serta ada banyak tempat duduk di tengahnya. 

Bila Anda bertandang ke Singapura serta malas untuk makan di restoran yang mahal, Hawker yaitu alternatif yang sangatlah pas untuk makanan dengan harga " miring ". 

Untuk satu jumlah makanan cuma dihargai seputar SGD 4-6 atau seputar Rp 40. 000 sampai Rp 60. 000. Harga itu lebih murah apabila dibanding bila Anda makan di restoran dimana Anda mesti merogoh kocek minimum SGD 10 atau seputar Rp 100. 000 per jumlah. 

5. Transportasi umum terintegrasi 


Singapura sudah memiliki system transportasi yang bagus serta terintegrasi. Mass Rapid Transit (MRT) serta halte bus senantiasa terhubung. Baik untuk jalur transit ataupun pembayarannya, yakni memakai kartu EZ Link. 

Terkecuali terintegrasi, transportasi di Singapura juga nyaman serta bersih juga termasuk juga pas saat terlebih untuk MRT. Demikian juga bus. Calon penumpang bakal senantiasa memperoleh info termutakhir perkiraan saat bus datang dalam papan pengumuman. 

6. " Paman " serta " Bibi " 


Bila di Indonesia kita menegur orang dengan sapaan " pak " atau " bu ", di Singapura menggunakan " aunty (bibi) " serta " uncle (paman) ". Juga sebagai misal, bila Anda naik taksi di Singapura, Anda dapat menegur sang supir taksi dengan sebutan " uncle ".
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar