Pilot Indonesia Ikut serta ISIS Disangka Pernah Gabung TNI AU


JAKARTA, Salah satu dari dua pilot Indonesia yang disangka kuat berhimpun dengan Negara Islam Irak serta Suriah (ISIS), Tommy Abu Alfatih dengan kata lain Tomi Hendratno, disangka pernah berhimpun dengan Angkatan Hawa Tentara Nasional Indonesia. 

Sangkaan Tomi berbarengan rekannya, Ridwan Agustin dari AirAsia, ikut serta dengan ISIS terdaftar dalam dokumen rahasia Kepolisian Federal Australia (AFP) yang dibocorkan oleh majalah on-line The Intercept serta launching di situsnya, Rabu (8/7). 

Menurut dokumen AFP, Tomi sekarang ini bekerja untuk maskapai penerbangan Premiair yang berbasis di Indonesia. Berdasar pada data AFP itu, Tomi bahkan juga dimaksud pernah berhimpun dengan TNI Angkatan Hawa. 

“Dia lulus dari Sekolah Penerbangan Indonesia pada 1999 serta bekerja untuk Angkatan Hawa Indonesia juga sebagai pilot, ” sekian bunyi laporan AFP itu. 

Masih tetap menurut dokumen rahasia yang bocor itu, Tomi lulus dari Jeanne d’arc Navy Officer Training College di Perancis pada 2005. Ia juga lulusan Kampus Merdeka di Surabaya pada 2008, serta barulah satu tahun lalu, 2009, lulus dari sekolah instruktur penerbangan TNI. 

Setelah itu pada 2010 Tomi berhenti bekerja juga sebagai pilot TNI AU serta berhimpun dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Th. selanjutnya, 2011, dia berhenti dari Garuda Indonesia serta bekerja untuk Akademi Penerbangan Internasional Bali juga sebagai instruktur penerbangan bersertifikasi. 

Rekam jejak karir Tomi yang paling akhir pada 2012 dimana dia berhimpun dengan Premiair yang menyewakan pesawat serta helikopter untuk maksud komersial atau privat. 

Kepala Dinas Penerbangan TNI AU Marsekal Madya Dwi Badarmanto pada CNN Indonesia menyebutkan belum tahu sekalipun berita masalah salah satu bekas pilot TNI AU disangka berhimpun dengan ISIS. Sekarang ini institusinya tengah lakukan penelusuran. 

Kepolisian Australia menyebutkan Tomi mempunyai rasa nasionalisme yang kuat. Dia disangka masih tetap tinggal di Indonesia, serta account Facebook-nya tunjukkan perjalanan dia berkeliling dunia ke Australia, Eropa, Timur Tengah, serta Amerika Serikat. Dari account itu, Tomi tampak mempunyai jaringan perkawanan luas dengan pilot beragam maskapai tanah air, juga pilot militer serta petugas Kepolisian RI. 

Account Facebook Tomi, Abu Alfatih Hendratno, mulai sejak pertengahan 2014 menempatkan beragam status keprihatinan atas penderitaan umat Islam di semua dunia. Desember 2014, materi pro-ISIS mulai tampak di akunnya. 

Di account Faceook itu juga Tomi menginformasikan pada 1 Juni bahwa dia meninggalkan pekerjaannya juga sebagai pilot di Premiair. Paling akhir, Tomi menyebutkan ia saat ini bekerja juga sebagai 'driver' di 'Bumi Alloh Subhanahu Wata’ala'.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar