Ini deretan pesawat jet tempur paling canggih milik Indonesia


TNI Barusan melakukan upacara peringatan Hari Lagi Tahun (HUT) TNI ke-70 yang puncaknya dikerjakan di Banten. Tidak tanggung-tanggung, seputar 155 Pesawat TNI AU diterjunkan dalam upacara itu. 

Selanjutnya, apakah Anda pernah bertanya-tanya pesawat tempur paling mutakhir apa sajakah yang telah dipunyai Indonesia sampai tahun 2015 ini? Ini dia jawabannya! 


1. T-50i Golden Eagle 
Pesawat buatan Korea Aerospace Industry (KAI) ini sangatlah serupa dengan F-16 Fighting Falcon. Pesawat yang dibeli tahun 2014 ini memanglah sering digunakan juga sebagai pesawat latih saat sebelum memakai F-16. 

Pesawat ini dapat terbang dengan kecepatan 1. 600 km per jam. Sosoknya tampak ramping dengan spesifikasi panjang 43 kaki, lebar sayap 31 serta tinggi 16 kaki. T-50i juga dapat mengusung persenjataan seberat 10. 500 pound. Termasuk juga gatling gun tiga laras yang dapat menyemburkan 2. 000 peluru per menit dan aneka rudal serta roket. 

Kecanggihan T-50i makin komplit dengan kehadiran system avionik digital serta Radar Warning Recievers (RWR). Dua tehnologi itu sangat mungkin T-50i untuk mendeteksi kehadiran musuh dari semua arah. 

T-50i versus pesawat latih dicat biru jelas dengan strip berwarna kuning. Sesaat versus tempur, dicat hijau serta abu-abu seperti F-16 block 52 ID yang didapat dari AS. 


2. F-16 Block 52 
Indonesia tahun ini pada akhirnya mengupgrade lini F-16 Block 15 dengan F-16 Block 52ID. Walau dari sisi luar terlihat sama, tetapi F-16 Block 52 bisa membawa senjata semakin banyak, mempunyaidaya dorong semakin besar, serta terbang lebih jauh. 

Masalah tehnologi navigasi, F-16 Block 52 memakai navigation serta targeting pod untuk operasi malam hari dan misi Supression Of Enemy Air Defence (SEAD). Tidak ketinggalan, ada Improved Data Modem sangat mungkin penerbang lakukan komunikasi tanpa ada nada cuma memakai komunikasi data dengan pesawat lain serta radar darat, radar laut atau radar terbang. 

System persenjataan pesawat ini dapat cukup komplit. F-16 Block 52 mempunyai rudal jarak pendek AIM-9 Sidewinder P-4/L/M serta IRIS-T (NATO) dan rudal jarak tengah AIM-120 AMRAAM-C. Pesawat ini dapat dibekali dengan persenjataan kanon 20 mm, bomb standard MK 81/82/83/84, Laser Guided Bomb, JDAM (GPS Bomb), rudal AGM-65 Maverick, rudal AGM-84 Harpoon (anti kapal), rudal AGM-88 HARM (anti radar). 


3. Sukhoi Su-30MK/MK2 
Versus teranyar pesawat buatan Rusia yang di kembangkan mulai sejak tahun 1996 ini mempunyai daya jelajah sampai 5400 km.. Bermacam tehnologi hebat juga menghiasnya, seperti Instrumen avionik di kokpit berbentuk monitor kaca MLD (Multifunction Liquid-crystal Display) serta HUD (Head Up Display). 

System navigasi Su-30MK/MK2 juga telah terintegrasi dengan system satelit Glonass serta Navstar demikian pula dengan RWR (Radar Warning Receiver) yang berperan mengatur tembakan rudal anti radiasi KH-31P. Pemakaian IRST (Infrared Search and Track Piranti) yang dapat menembakkan rudal laser beam riding telah ada di Sukhoi Su-27 SKM. Su-30 MK2 dapat mendeteksi, mengunci serta menyerang tujuan 360 derajat dengan semua cuaca. 

Pesawat ini dapat juga membawa hingga 12 type senjata dari mulai rudal udara ke udara, rudal udara ke darat, roket serta bom nuklir. 


4. Sukhoi Su-35 
September lantas, Indonesia mengambil keputusan untuk beli satu skuadron jet tempur Sukhoi Su-35 yang diisi 16 pesawat. Pesawat buatan Rusia yang disebut pengembangan Sukhoi Su-27 ini bahkan juga diklaim juga sebagai yang tercanggih didunia sekarang ini. Tetapi, baru tahun depan pesawat ini baru diantar ke tanah air. 

Pesawat Su-35 dikatakan sebagai pesawat siluman, lantaran bisa menghilang di radar waktu lakukan pengubahan kecepatan dengan cara acak untuk mengacau radar musuh. Bahkan juga, pesawat ini memiliki tehnologi jamming untuk kurangi kekuatan radar musuh. Piranti elektronik aviasi yang ada di pesawat ini yaitu Radar IRBIS serta radar pendeteksi tujuan - 400 km.. 

Yang lebih mengagetkan, Su-35 disebutkan dapat menandingi F-22 Raptor yang notabene pesawat jet siluman generasi ke-5 punya Amerika. 

Su-35 sendiri mempunyai kecepatan setara dengan 1, 5 Mach atau 2 x kecepatan nada. Berdasar pada spesifikasi tehnis dari Sukhoi, Su-35 dapat menjangkau 3600 km. tanpa ada tangki bahan bakar penambahan. 

Di bidang persenjataan, Su-35 dapat membawa senapan Gryazev-Shipunov GSH-30-1 30mm, serta beragam jenis type misil seperti bom cerdas (sampai aliber 1500kg), misil anti kapal, hingga misil air-to-air (sampai jarak 200 km).
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar