Ahok Luncurkan Aplikasi Perpustakaan Digital Pertama di Indonesia


JAKARTA, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama meluncurkan aplikasi perpustakaan digital pertama di Indonesia bernama " iJakarta ". Dengan aplikasi itu, orang-orang dapat meminjam buku yang dipunyai Tubuh Perpustakaan serta Arsip Daerah (BPAD) DKI berbentuk digital. 

 " Saat ini dengan ada iJakarta, saya lagi cobalah untuk memberikan keyakinan penerbit lantaran banyak penerbit yang saat kita minta bukunya jadi ebook, selalu simpan di perpustakaan digital kami, dia keberatan. Argumennya takut tidak ada yang beli buku mereka lagi, " tutur Ahok (sapaan Basuki) di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (13/10/2015). 

Ahok sekalian promosi pada penerbit supaya tidak perlu cemas dengan permasalahan itu. Karena, tehnis peminjaman buku dalam aplikasi ini sama dengan perpustakaan umum. 

Walau buku yang disewakan berupa digital, kata Ahok, itu bukanlah bermakna kebanyakan orang dapat membaca buku demikian saja. Seluruhnya orang-orang terus mesti mengantre untuk meminjam buku. 

Bila buku yang ada di aplikasi itu cuma satu ebook, cuma satu orang yang dapat meminjam untuk membacanya. Orang lain yang juga mau membaca mesti menanti peminjam pada awal mulanya kembalikan. 

 " Bila di iJakarta sama kok dengan perpustakaan lain. Jadi, tidak ada narasi buku dapat di baca kebanyakan orang, " tutur Ahok. 

Bahkan juga, Ahok menyampaikan, sediakan buku di perpustakaan digital iJakarta malah lebih aman dari pada di perpustakaan dapat. Di perpustakaan umum, banyak berlangsung peristiwa sobeknya halaman buku atau tulisan yang sirna. 

Ada juga peristiwa pembajakan buku lewat cara melipat-gandakan buku-buku di perpustakaan. Ahok menanggung hal sejenis itu akan tidak berlangsung di iJakarta. 

 " Bila pinjam buku, saya kerapkali jengkel lantaran gambar petanya hilang. Jadi, ada orang yang sobek. Jadi, penerbit sesungguhnya lebih aman simpan bukunya di iJakarta perpustakaan digital, " tutur Ahok. 

Untuk di ketahui, iJakarta adalah aplikasi perpustakaan digital pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan ebook reader. Diluar itu, ada juga feature media sosial untuk mengulas buku yang tengah banyak di baca. 

Aplikasi ini bisa dibuka lewat smartphone dengan basis Android, iOS, serta Windows. Aplikasi ini adalah hasil kerja sama pada BPAD DKI serta PT Woolu Aksara Maya.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar