Perkuat Armada, TNI AL Sudah Pesan 11 Heli dan 6 Kapal Selam


Jakarta, TNI Angkatan Laut menguatkan armadanya dengan cara bertahap. Selain beli 11 helikopter type Panther untuk menghidupkan kembali Skuadron 100 pemburu kapal selam, mereka juga pesan enam kapal selam. 

“Helikopter datang bertahap. Pada 2017 dapat tiba empat unit dulu, ” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama M. Zainuddin pada CNN Indonesia di sela The Indonesian Navy 2nd International Maritime Security Symposium di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (16/9). 

Helikopter-helikopter itu nanti dapat jadi sisi dari Skuadron 100. Kontrak pembelian kesebelas helikopter itu sudah disetujui. 

Waktu semua helikopter sudah tiba, jadi Skuadron 100 dapat diaktifkan. Skuadron itu dahulu pernah eksis, tetapi terpaksa ‘tenggelam’ berbarengan peralatan yang menua. 

“Saat itu keadaan alutsista (alat paling utama system pertahanan) telah tua. Jadi benar-benar butuh peremajaan serta sekaranglah waktunya, ” tutur Zainuddin. 

Inti Skuadron 100 ada pada helikopter antikapal selam. Di masa keemasannya, skuadron itu jadi pusat kekuatan TNI AL dalam menggelar beragam operasi di laut. Konon Skuadron 100 sangat disegani negara-negara maju. 

Tetapi saat jaya itu mesti selesai serta Skuadron 100 sangat terpaksa dilebur dengan skuadron lain dikarenakan minimnya alat operasional mereka. 

Pada 2017 kelak, helikoter-helikopter antikapal selam itu dapat berperan juga sebagai kepanjangan tangan kapal perang RI dalam operasi laut, yaitu menggerakkan manfaat tujuan reporting unit. Berarti, helikopter-helikopter itu akan menggali info tentang tujuan tujuan rudal yang dilepaskan kapal perang RI.  

Kapal selam bermisil 
Terkecuali helikopter antikapal selam, enam kapal selam sudah dipesan TNI AL untuk menguatkan pengamanan bawah laut. Dari ke enam kapal selam itu, tiga berjenis Chang Bogo-class serta tiga lagi berjenis Kilo-class. 

Untuk type Kilo-Class, kapal selam ini dapat menembakkan misil dari di air ke luar perairan. Misil sejumlah tiga dalam sekali tembak. Tetapi belum dapat di pastikan kapan kapal selam Kilo-class itu dapat tiba di tanah air. 

Sesaat untuk tiga kapal selam Chang Bogo-class buatan Korea Selatan, kemungkinan dapat tiba bersamaan dengan helikopter Panther pada 2017. Type kapal selam ini mempunyai dua peluncur rudal yang dapat juga menembak ke luar perairan.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar