Panglima TNI: Heboh- Kalau Singapura Latihan Militer di Indonesia Tanpa Izin, Kami Usir


Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyebutkan, militer Singapura tak memiliki hak melakukan latihan militer di lokasi Indonesia walau Singapura kuasai flight information region (FIR) atau system service udara untuk beberapa lokasi di Riau serta perbatasan Kalimantan Utara. 

Jika Singapura terus jalankan latihan tempur di lokasi Indonesia, prajurit TNI bakal mengusir mereka keluar dari lokasi teritorial Indonesia. 

 " Danger ruang ini yaitu cuma untuk keselamatan. Tidak bisa dikerjakan untuk latihan militer. Saya ulangilah, tidak bisa latihan militer, " tutur Gatot di Istana Kepresiden, Jakarta, Selasa (8/9/2015). 

Gatot menyampaikan, didalam Annex 11 ayat 2, dijelaskan bahwa FIR cuma diperuntukan pada operasional ingindalian navigasi di udara. Pengelolaan FIR, sebut Gatot, tidak berlaku untuk latihan militer. 

Mulai sejak tahun 1946, Singapura kuasai FIR untuk lokasi Indonesia, yaitu Natuna serta perbatasan Kalimantan Utara dengan Serawak, Malaysia. Dengan penguasaan FIR itu, tiap-tiap pesawat yang melintas di ke-2 lokasi itu mesti meminta izin serta membayar fee pada Singapura. 

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, pembayaran fee itu bakal dikembalikan pada Pemerintah Indonesia. 

Panglima menyatakan bahwa pengusaan FIR itu tidak dapat disimpulkan pemakaian areal lokasi Indonesia untuk kepentingan latihan militer Singapura. Ditambah lagi, kesepakatan kerja sama pertahanan Indonesia-Singapura, yaitu Defense Cooperation Agreement (DCA), pada 2007 belum sukses diratifikasi. 

Karenanya, menurut Panglima, bila Singapura mau latihan di lokasi Indonesia, mereka mesti ajukan izin. 

 " Karena bila hingga latihan militer tanpa ada izin Indonesia itu telah tidak mematuhi Annex 11 karena tidak terkait. Untuk itu, TNI AU terus mengadakan patroli. Apabila ada pesawat-pesawat lain lakukan latihan militer, pekerjaan AU untuk mengingatkan serta mengusir dari tempat itu, " kata Gatot. 
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. Cara negri ini tergolong sangat ramah...sampai2 bertahun2 kemasukan juga baru tahu baru2 ini tapi kalau cuma di usir terus bandel apa gak malah kucing2an jadinya..sebaiknya di beri ketegasan lagi...bilaperlu tembak aja sekalian biar ada rasa jera.

    BalasHapus
  2. Cara negri ini tergolong sangat ramah...sampai2 bertahun2 kemasukan juga baru tahu baru2 ini tapi kalau cuma di usir terus bandel apa gak malah kucing2an jadinya..sebaiknya di beri ketegasan lagi...bilaperlu tembak aja sekalian biar ada rasa jera.

    BalasHapus