Jokowi Lantik 5 Menteri dan Seskab


JAKARTA, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik enam menteri serta petinggi satu tingkat menteri dalam Kabinet Kerja, Rabu (12/8/2015). Mereka dilantik sesudah pelantikan Rano Karno juga sebagai Gubernur Banten di Istana Negara, Jakarta. 

Ke enam menteri yang dilantik itu yaitu Luhut Binsar Pandjaitan yang dilantik juga sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, serta Keamanan. Luhut bakal merangkap jabatan juga sebagai Kepala Staf Kepresidenan, yang ia jabat pada awal mulanya. 

Ekonom Rizal Ramli dilantik juga sebagai Menteri Koordinator Kemaritiman. Rizal menukar posisi Indroyono Soesilo. 

Setelah itu, Thomas Trikasih Lembong dilantik juga sebagai Menteri Perdagangan menukar Rachmat Gobel. Sesaat Sofjan Djalil, yang pada awal mulanya menjabat Menko Perekonomian, dilantik juga sebagai Kepala Bappenas menukar Andrinof Chaniago. 

Mengenai bekas Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution dilantik juga sebagai Menko Perekonomian. Lalu, Pramono Anung, politisi PDI-P, dilantik jadi Sekretaris Kabinet. Pramono menukar posisi Andi Widjajanto. 

Sistem pelantikan dimulai pembacaan surat ketentuan presiden perihal pemberhentian dengan hormat serta pengangkatan menteri. 

Penetapan ke enam menteri baru itu ditata dalam Ketentuan Presiden Nomer 79/P Th. 2015 perihal perubahan sebagian menteri Kabinet Kerja periode 2014-2019 serta Keppres Nomer 80/P Th. 2015 perihal pemberhentian serta pengangkatan Sekretaris Kabinet. 

Dua ketentuan ini diisi pemberhentian atas Tedjo Edhi Purdijatno juga sebagai Menko Politik, Hukum, serta Keamanan ; Sofyan Djalil juga sebagai Menteri Koordinator Perekonomian ; Andrinof Chaniago juga sebagai Kepala Bappenas ; Indroyono Soesilo juga sebagai Menko Kemaritiman ; Rachmat Gobel juga sebagai Menteri Perdagangan ; serta Andi Widjajanto juga sebagai Sekretaris Kabinet. Ketentuan itu juga diisi pengangkatan pada enam menteri baru yang dilantik hari ini.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar