Menguak Misteri Malam 1000 Bulan


Umat Islam yakin bahwa dalam setahun Islam ada sehari di antara bln. Ramadhan yang mempunyai kelebihan sendiri. Baik saat, tempat, serta keadaan ada pada satu titik paling istimewa di mana alam juga menegur dengan mesranya. Malam 1000 bln. memanglah sudah diterangkan didalam al-Quran, namun kehadirannya masih tetap jadi misteri. Menguak misteri malam 1000 bln. terkait dengan kehadirannya memanglah sulit. Dalam sebulan romadhon, kita cuma bakal menjumpai satu malam lailatul qadar yang cuma dapat kita kenali tanda-tandanya, tanpa ada tanggal maupun saat yang pasti. 

Malam Lailatul Qadar memanglah senantiasa jadi misteri Illahi. Kehadirannya tak dapat diramalkan serta di pastikan. Pada bln. Ramadhan seperti ini, umat manusia memanglah mempunyai segudang barokah pada tiap-tiap setiap harinya. Sehari yang paling istimewa yaitu malam Lailatul Qadar yang jika ada orang melaksanakan ibadah dengan khusuk saat malam itu, jadi ibadahnya bakal dikalikan 1000 bln. lamanya, yang pada akhirnya malam Lailatul Qadar ini dikatakan sebagai Malam 1000 bln.. Banyak telah hadits yang diterangkan oleh Rosulullah SAW tentang tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar. 

Diantara ciri-cirinya, yang paling umum yaitu malam ini datang saat malam ganjil pada 10 hari mendekati akhir bln. ramadhan. Ramadhan ketika malam Lailatul Qadar digambarkan alam bakal ada pada puncak ketenangannya, binatang malam berhenti bertemura, angin bakal berhenti bertiup, serta siapa juga yang dengan cara berniat atau tak berniat berdoa saat malam itu bakal alami kekhusyukan. 

Keutamaan malam Lailatul Qadar yaitu saat malam itu tambah baik dari malam Lailatul Qadar. (1) Sebenarnya kami telah menurunkannya (Al Quran) saat malam kemuliaan. (2) Serta Tahukah anda apakah itu malam kemuliaan? (3) Malam kemuliaan itu yaitu malam yang tambah baik dari seribu bln.. (4) Saat malam itu, turun malaikat malaikat serta malaikat Jibril dengan Izin Allah untuk mengatur seluruhnya masalah. (5) Malam itu penuh kesejahteraan hingga fajar terbit. (TQS Al Qadaar Ayat 1-5). 

Juga sebagai umat muslim, kehadiran malam Lailtul Qodar atau malam seribu bln. ini benar-benar sangat ditunggu-tunggu. Tetapi sayangnya tentang kehadirannya masih tetap jadi misteri malam 1000 bln.. Kita disarankan untuk melaksanakan ibadah pada malam yang sangatlah istimewa ini. bagaimanakah kita dapat melaksanakan ibadah sesaat kita tak tahu kehadiran malam lailatul qadar ini? Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhu, beliau berkata Rasulullah bersabda bahwa intinya, malam laitul qodar adalah malam yang demikian cerah serta indah. Tak ada rasa panas serta tak ada rasa dingin. 

Sesudah malam itu, sinar akan tiba dengan perlahan-lahan serta cahaya matahari berwarna kemerahan, sunggu indahnya malam lailatul qodar. Supaya kita dapat memenangi malam yang sangatlah istimewa ini, taatlah melaksanakan ibadah saat tanggal 21, 23, 25, 27, atau 29 Ramadhan. Seperti yang sudah diterangkan tadi, Lalilatul Qadar akan tiba pada hari ganjil di 10 hari paling akhir bln. Ramadhan.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar