Waspada, Ini Trik Penipu Kuras Duit Korban di Mesin ATM


Jakarta - Polisi membongkar komplotan penipu yang sering membobol tabungan beberapa korban melalui kartu anjung tunai mandiri (ATM). Tiga tersangka di tangkap, serta tiga lagi dinyatakan buron. 

Wakil Kepala Polres Metro Jakarta Barat, Ajun Komisaris Besar Bahtiar Ujang Purnama, menyampaikan tersangka yang di tangkap yaitu Iskandar, Ryan, serta Boan. Sedang tiga tersangka yang buron berinisial AU, AI, serta AN. “Diduga sebagai otak dari komplotan ini yaitu AU, ” ucapnya. 

Menurut Kepala Unit Reserse Kriminil Kepolisian Resor Polres Jakarta Barat Ajun Komisaris Besar Putu Putera Sadana, jejak komplotan itu terlacak sesudah polisi memperoleh laporan dari seseorang korban berinisial IG. “Mereka bersua dengan korban di Mangga Besar, Taman Sari, Jakarta Barat, ” katanya. 

Putu tidak bersedia menerangkan dengan cara detil identitas korban. Tetapi, menurutnya, IG yaitu seseorang entrepreneur. “Mereka memanglah mengincar beberapa orang yang kenakan pakaian necis. ” 

Untuk mendekati korban, kata Putu, tersangka Iskandar menyamar juga sebagai warga negara asing yang bakal memberi pertolongan untuk pembangunan masjid. “Dia pura-pura ajukan pertanyaan pada korban, masjid mana yang dapat terima pertolongan itu, ” tuturnya. 

Sesudah korban masuk perangkap, tersangka menyampaikan tak dapat menarik duit dari mesin ATM lantaran kartu mereka dikeluarkan oleh bank asing. Tetapi duit dapat di kirim seandainya melalui nomer rekening korban. Karenanya tersangka meminta korban mengecek rekeningnya melalui mesin ATM. “Saat korban bertransaksi, tersangka menghafal nomer PIN yang dipencet korban, ” kata Putu. 

tahap selanjutnya, Putu memberikan, tersangka dengan trick spesifik menukar kartu ATM korban dengan kartu sama namun palsu. Dengan cara diam-diam kartu itu geser tangan serta dipakai oleh kawan tersangka yang telah menanti di mesin ATM lain. “Total duit korban yang dikuras sejumlah Rp 177, 5 juta, ” katanya. 

Dari hasil kontrol, di ketahui bahwa komplotan itu telah beraksi kian lebih empat bln. dengan jumlah korban kian lebih 10 orang. “Diduga, mereka telah memperoleh miliaran rupiah dari tindakan ini, ” kata Bahtiar.
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar