Danau Singkarak


Danau Singkarak yaitu suatu danau yang membentang di dua kabupaten di propinsi Sumatera Barat, Indonesia, yakni kabupaten Solok serta kabupaten Tanah Datar. 

Danau ini mempunyai luas 107, 8 km² serta adalah danau terluas ke-2 di pulau Sumatera. Danau ini adalah hulu Batang Ombilin. Tetapi sebahagian air danau ini dialirkan lewat terowongan menembus Bukit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak di dekat Lubuk Alung, kabupaten Padang Pariaman. 

Danau Singkarak ada pada letak geografis koordinat 0, 36 derajat Lintang Selatan (LS) serta 100, 3 Bujur Timur (BT) dengan ketinggian 363, 5 mtr. di atas permukaan laut (mdpl). Luas permukaan air Danau Singkarak meraih 11. 200 hektare dengan panjang maksimum 20 km. serta lebar 6, 5 km. serta kedalaman 268 mtr.. Danau ini mempunyai daerah aliran air selama 1. 076 km. dengan curah hujan 82 sampai 252 melimeter per bln..
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar