Makam Ronggowarsito, Tempat Ziarah Favorite Beberapa Presiden

Ronggowarsito yaitu pujangga serta peramal populer di Tanah Jawa. 


RNg. Ronggowarsito yaitu seseorang tokoh pujangga serta peramal ulung yang sangatlah disegani oleh beberapa raja-raja yang ada di tanah Jawa. Ronggowarsito lahir di Yosodipura, Surakarta, Jawa Tengah, dengan nama kecil Bagus Burhan. 

Dalam penanggalan Jawa, Ronggowarsito terlahir pada tanggal 10 Dzulkaidah, th. Be 1728, wuku Sungsang, atau dalam hitungan penanggalan Masehi bermakna 15 Maret 1802, pas jam 12. 00 siang. 

Ronggowarsito di kenal mempunyai spiritual serta olah kebatinan kejawen yang tinggi. Dia, pada akhirnya didaulat oleh Sultan Keraton Surakarta untuk jadi peramal istana kerajaan yang disebut kerajaan pecahan dari Keraton Yogyakarta, hasil dari Kesepakatan Giyanti th. 1755. Pekerjaan dari Raden Ronggowarsito yaitu meramalkan tiap-tiap apa sajakah yang bakalan berlangsung pada pemerintahan Keraton Surakarta. 

Makam RNg. Ronggowarsito terdapat di Desa Palar, Kecamatan Trucuk, Klaten. Suatu desa yang tenang serta jauh dari hirup pikuk keramaian kota. Tempat ini berbentuk suatu kompleks kuburan kuno. Di areal kompleks makam seluas lebih kurang 100 mtr. persegi. 

Terdapat seputar 10 km samping tenggara pusat kota Klaten. Makamnya terbuat dari batu pualam putih bertuliskan huruf jawa. Ada empat pilar di sekitar makam komplit dengan kelambu putih. Di depan makam ada tempat untuk beberapa peziarah untuk menyimpan bunga serta berdoa. 
Pada hari-hari spesifik banyak peziarah mendatangi makam itu. Mereka tidak cuma datang dari Klaten, namun juga dari luar Klaten. Makam Ronggowarsito tidak pernah sepi dari pengunjung. Ada yang datang, lantaran mau lihat masa lalu perihal kebesaran seniman Ronggowarsito. 

 " Banyak juga yang datang dengan maksud spesial. Mereka berniat datang serta berdoa di depan makam untuk satu permintaan, " tutur Dayat juru kunci makam Ronggowarsito. 

Dia menceritakan, banyak beberapa pemimpin negeri yang berkunjung ke makam pujangga besar kenamaan ini. Terlebih, waktu bakal digelarnya perhelatan akbar penentuan presiden. Konon diakui, dengan berziarah ke makam ini bakal memuluskan jalan menuju kursi nomer satu negeri ini. 

Awalannya, Bung Karno yang kerap berkunjung ke serta berziarah, dan laris perihatin di makam Ronggowarsito, pada akhirnya sukses memimpin negeri ini juga sebagai Presiden pertama. Ritual seperti itu pulalah yang juga ditiru oleh beberapa orang yang mau sukses jadi seseorang pemimpin, baik dari tingkat pemimpin desa hingga pada tingkat pemimpin sekelas Presiden. 

Dayat menyatakan, beberapa orang utama negeri ini yang berkunjung ke makam Ronggowarsito. Nyaris seluruhnya yang berkunjung ke serta berziarah di makam ini, selang beberapa saat terkabul hasratnya untuk jadi seseorang pemimpin. 

 " Dulu almarhum Gus Dur pernah ziarah ke makam Raden Ronggowarsito seputar th. 1998, sesudah Pak Harto selesai jadi Presiden. Gus Dur kesini hanya sesaat, " tutur Dayat. 

Dapat dibuktikan, sesudah kehadiran Gus Dur, dengan kata lain Abdurrahman Wahid ditempat ini, satu tahun lalu, di th. 1999, dia dapat bertahta jadi Presiden ke-4 negeri ini, menukar Presiden sesaat saat itu, BJ Habibie. 

Diutarakan Dayat, Gus Dur saat sudah menjabat juga sebagai Presiden sempat juga berziarah. Waktu itu, di dalam gosip reshuffle lantaran keadaan ekonomi yang tidak 
menunjukkan sinyal tanda perbaikan serta gosip sidang istimewa MPR yang 
akhir-akhir ini bertiup kuat. Gus Dur yang salat Jumat dulu di Masjid Raya Klaten, lantas berziarah ke makam pujangga Ronggowarsito. 


 " Ini untuk jadi sinyal peringatan kita berbarengan, " kata Gus Dur, selesai berziarah saat itu. Gus Dur menyampaikan juga, ia mau menghidupkan kembali kesibukan ziarah ke makam tokoh-tokoh terpenting. 

Tidak lama, giliran Megawati Soekarnoputri datang berziarah di makam Ronggowarsito ini ikuti jejak orang tuanya, Soekarno. Saat itu, Megawati masih tetap jadi Wakil Presiden dari Presiden Abdurrahman Wahid. 

Dayat menuturkan, waktu itu, Megawati datang malam hari seputar jam 02. 00 pagi. Dia lihat, Ibu Megawati menggunakan kerudung serta menaburkan bunga di pusara makam Raden Ronggowarsito berbarengan dua orang wanita yang lain. 

Yang berlangsung lalu, hasrat Megawati terkabul juga untuk naik tahta jadi Presiden. Pada 23 Juli 2001, pada akhirnya Megawati resmi jadi Presiden ke-5, sekalian Presiden wanita pertama di negeri ini menukar Presiden pada awal mulanya, Abdurrahman Wahid. 

Dayat juga pernah terima kehadiran Khofifah Indar Parawansa, tokoh wanita yang cukup dekat dengan keluarga Gus Dur, untuk berziarah di makam Ronggowarsito. " Waktu itu, cocok ramainya beliau bakal dicalonkan untuk jadi menteri, " tuturnya. 

Selang beberapa saat, sesudah kehadirannya di makam ini, pada akhirnya Khofifah juga dilantik untuk menempati posisi juga sebagai Menteri Pemberdayaan Wanita pada kabinet menteri saat pemerintahan Gus Dur serta Megawati. 


Dayat mengkisahkan bahwa Gubernur Jateng Bibit Waluyo sempat juga ke makam itu, saat sebelum penentuan Gubernur Jawa Tengah. Pada akhirnya, Bibit dipilih jadi Gubernur Jawa Tengah. 

 " Besok bila penentuan presiden telah dekat, pasti beberapa orang utama yang akan tiba berziarah ke makam Raden Ronggowarsito ini lagi, " katanya. 
Makam Ronggowarsito di Klaten, Jawa Tengah. 

Tidak ketinggalan, musisi legendari Iwan Fals yang tengah lakukan perjalanan spiritual di sebagian kota di Indonesia, berziarah ke makam pujangga Ronggowarsito. Saat sebelum berziarah, musisi bernama asli Virgiawan Listianto itu mengadakan sarasehan serta zikir tahlil berbarengan beberapa tokoh orang-orang, dan warga setempat. (asp)
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar